Silahkan Login atau Signup
Email:
Password:
  Home     e-Store     Etalase     Keranjang     Pembayaran     Cara Pemesanan     Tutorial     Recruitment     Kontak  
           Etalase
           Tutorial
           Bantuan & Dukungan
WhatApps, Line, WeChat
(+62)-816-1324-727
           Kontak

          Didukung Oleh:









Thursday, 19-Oct-2017


 Bandung-Aeromodeling >> Tutorial >> Materials >> Tips Menggunakan Indocote
 

58    

    Tips Menggunakan Indocote




(Click to Enlarge Thumbnail)

Date Created: 06-Jan-2014
Created By: Budi Atmoko
Category: Materials

Tips Menggunakan Indocote


Mengcover pesawat model dengan Indocote, How To

Download Tutorial Lengkap (PDF 31 KB)




TIPS MENGGUNAKAN INDOCOTE



1. Peralatan yang yang dibutuhkan untuk melakukan pelapisan model adalah Heat Sealing Tool (Setrika Listrik, Heat gun), Silet satu sisi atau Cutter gunting, Penggaris logam, spidol dan sarung tangan tahan panas.

2. Bukalah indocote diatas meja yang bersih, letakan bagian model diatasnya, potonglah bagian indocote dengan melebihkan 5 cm dari lebar dan 10 cm dari panjang model yang akan dilapisi

3. Letakan indocote diatas bagian model yang akan dilapisi, dengan sisi yang mengandung perekat dibagian bawahnya (anda dapat menguji mana bagian yang mengandung perekat dengan cara mengalirkan panas dari setrika listrik atau heat gun pada salah satu sudut, sisi yang mempunyai perekat akan menempel) sisakan kurang lebih 2.5 cm disekelilingnya kecuali pada bagian tepi sayap (wing tip) sisakan sekitar 7.6 cm, gunakan tangan anda untuk melekatkan indocote pada model dengan gerakan yang halus.

4. Agar pada hasil akhir tidak terdapat kerutan, ikutilah langkah-langkah dibawah ini : untuk masing-masing bagian, ketika melapisi sayap, horizontal stabilizer, dan elevator mulailah dari bawah, aturlah suhu pemanas sekitar sekitar 1350C,( a) lekatkan indocote pada ujung bagian tengah , lanjutkan seperti yang terlihat pada gambar.(b) Tariklah indocote dengan erat pada sisi tengah dan lekatkan (c) kemudian pada sudut sisi bagian depan ( leading Edge) (d) Pelapisan sekarang akan lebih erat , jika anda melihat banyak kerutan , anda dapat mengulanginya lagi sampai kerutan-kerutan kecil akan hilang (e) Kemudian tariklah indocote dengan erat dan lekatkan pada sudut sisi belakang (trailing edge), (f) Tariklah diagonal melintasi sayap dan lekatkan pada sudut sisi belakang (trailing edge)

5. Kemudian rekatkan indocote pada sisi belakang (Trailing Edge), mulailah dari tengah dan lakukan pada sisi lainnya sambil menarik sisa bagian material dengan kencang. Ulangi proses ini pada bagian depan (Leading Edge). Kemudian lekatkan sepanjang sisi dan bagian tengah. Ketika melapisi bagian yang solid (bagian yang tidak terdapat rangka) sisakan kurang lebih 2.5 cm tanpa direkatkan pada bagian tengah agar udara dapat mengalir keluar pada saat pemanasan.

6. Penyelesaian sisi sayap atau lengkungan rangka,

A. Menggunakan setrika listrik (The Heat Sealing Gun). Tariklah sisa indocote dengan erat ketika mengalirkan panas, panas akan menjadikan indocote lentur, mengikuti permukaan rangka model. Panaskan dan tegangkan setiap cm dari indocote agar kerutan-kerutan menjadi hilang atau sampai tepi telah dilapisi sekitar 3-6 cm di depan garis tengah.

B. Menggunakan Pengering (Heat Gun/Hair Dryer). menjadikan pelapisan tepi sayap menjadi lebih mudah. ikutilah petunjuk dasar pada 6A, tapi hati-hatilah jangan sampai melubangi indocote atau membakar jari-jari anda, untuk itu gunakanlah sarung tangan tahan panas (Hot Glove) agar jari anda aman.

7. Potonglah semua sisa indocote setelah semua sisi melekat dengan baik (kecuali pada bagian ventilasi yang digunakan untuk mengeluarkan udara, sisakan sekitar 3-6 mm)

8.

A. Agar pada saat melapisi dapat merekat dengan erat, setrikalah permukan dengan tekanan ringan lalu gerakan kebelakang dan keempat sisi permukaan lainnya. Untuk melekatkan dipermukaan yang solid, kerjakan pada bagian yang mempunyai aliran udara terbuka kemudian terakhir daerah tersebut.

B. Jika menggunakan Heat Gun (Hair Dryer) pada saat melapisi permukaan yang solid, ringankanlah tekanan panas pada saat melapisi bagian model dengan menggunakan Hot Glove, mulailah dari tepi lalu ke tengah dimana tersisa bagian yang tidak merekat masih terbuka. Jika tidak meringankan tekanan pada permukaan indocote maka, pelapisan yang telah dilakukan akan mudah lepas dan berkerut.

9. Ketika melapisi fuselage dengan stabilizer (Ekor horizontal) dan fin (ekor vertikal), potongan tipis (fillet) yang terdapat disekelilingnya harus dilapisi terlebih dahulu seperti terlihat pada gambar gunakanlah potongan sepanjang 13-19 mm, kemudian lapisilah stabilizer dan fin, sebelum engsel-engsel dipasang. Pada saat pelapisan, badan model (fuselage) dibagi menjadi 4 bagian, pertama bagian bawah, lalu kedua sisi dan terakhir bagian atasnya, sisakanlah masing-masing bagian sekitar 3-6 mm.

10. Bagian-bagian fiberglass juga dapat dilapisi dengan indocote. Gunakanlah alat pemanas dengan sepanas mungkin tanpa mengubah bentuk bagian, kerjakan dengan perlahan sambil menarik sisa lapisan indocote dengan erat, begitu juga pada saat mengerjakan bagian lengkungan. Hati-hatilah, panas yang tersisa dapat mengubah bentuk fiberglas secara permanen.

11. Design hiasan dapat dipotong dari indocote dan dipanaskan diatas permukaan yang telah dilapisi indocote. Gunakan temperatur rendah, sekitar 1070-1210 C untuk mencegah terjadinya gelembung udara yang terperangkap diantara lapisan indocote. Bekerjalah perlahan mulai dari ujung sisi tengah strip ke depan untuk menghilangkan semua udara yang terperangkap, ketika selesai, rekatkanlah semua sisi dengan ujung setrikaan ( Heat Sealing Tool) dengan menggunakan panas yang tinggi.

Tips

1) Hasil akhir pelapisan akan sangat bagus jika sebelumnya permukaan kayu diamplas sampai halus, Gelombang kecil atau ketidakrataan permukaan akan lebih terlihat pada saat pelapisan telah dilakukan.

2) Untuk mendapatkan hasil yang terbaik bersihkan indocote dengan menggunakan semir ( polish), detergent atau pembersih kaca.

3) Lekukan pada indocote yang diakibatkan kecelakaan, dapat diganti dengan mudah, dengan menyalurkan panas diatas daerah lekukan, jika terdapat lekukan gunakanlah filler, biarkan kering, lalu amplaslah sampai lembut.

4) Jika saat dilapangan terdapat lubang kecil, dapat diperbaiki dengan menambal trim indocote yang memiliki tekanan sensitif, untuk sementara kemudian dirumah segeralah ganti penambal tersebut dengan bagian indocote yang sejenis.

5) Untuk mencegah terjadinya goresan pada permukaan indocote saat menggunakan setrika listrik, gunakanlah sarung yang dapat menyalurkan panas, untuk melapisi setrikaan.

Pada saat melapisi model ingatlah,
(A) panas dan tarikan pada tepi sayap (wing tip).
(B) Tariklah dengan erat sebelum mencoba merekatkan pelapisan.


Selamat Terbang...


1319 people view it
 



 


  Tutorial Teranyar (lihat semua)


Setting dan Menerbangkan Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric
Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric. Untuk siswa yang belajar pesawat free flight namun di kontrol oleh Radio Kontrol ... (Lihat)
Date Created: 08-Apr-2014
3711 people view it
 


Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric
Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric. Untuk siswa yang belajar pesawat free flight namun di kontrol oleh Radio Kontrol ... (Lihat)
Date Created: 24-Mar-2014
6178 people view it
 


Bagaimana merakit dan menerbangkan Rubber Powered Glider Pelangi-45
Merakit dan menerbangkan Rubber Powered Glider Pelangi-45 ternyata asyik juga, wah anak kecil juga bisa ya ? ... (Lihat)
Date Created: 17-Mar-2014
13763 people view it
 

  Tutorial Unggulan (lihat semua)


Asyiknya Belajar Merakit Sendiri Pesawat Model
Pelajar juga bisa merakit Pesawat Pelangi 50 chuck glider dan Pelangi 70 rubber powered Glider ... (Lihat)
Date Created: 01-Jun-2013
8848 people view it
 


  Produk Baru (lihat semua)
Plan Cessna 182-46 Skylane
Price: Rp. 50,000
View: 1,000

Plan Double Dutch Radio Modeller
Price: Rp. 50,000
View: 685

Plan Cessna 172-20 Skyhawk
Price: Rp. 50,000
View: 374


  Produk Unggulan (lihat semua)
TS40 Electric Trainer
Price: Rp. 925,000 / Rp. 1,050,000 / Rp. 1,150,000
View: 1,000

Pelangi 50 Free Flight Hand Launched Glider (Pack of Six)
Price: Rp. 162,500 / Rp. 187,500 / Rp. 200,000
View: 1,000

Cessna 206 Electric Trainer
Price: Rp. 600,000 / Rp. 725,000 / Rp. 825,000
View: 1,000

 Tetang Kami   Tanya Jawab   Kontak Kami 
 Pembayaran 
Copyright @ 2013, 2014 Bandung-Aeromodeling.com. Allrights reserved.