Silahkan Login atau Signup
Email:
Password:
  Home     e-Store     Etalase     Keranjang     Pembayaran     Cara Pemesanan     Tutorial     Recruitment     Kontak  
           Etalase
           Tutorial
           Bantuan & Dukungan
WhatApps, Line, WeChat
(+62)-816-1324-727
           Kontak

          Didukung Oleh:









Saturday, 16-Dec-2017


 Bandung-Aeromodeling >> Tutorial >> Structure >> Kali kali dunk bikin yang Electric
 

46    

    Kali kali dunk bikin yang Electric




(Click to Enlarge Thumbnail)

Date Created: 02-Dec-2013
Created By: Budi Atmoko
Category: Structure

Kali kali dunk bikin yang Electric


Merakit dan Menerbangkan Cessna 206 Electric 1/4

Download Tutorial Lengkap (PDF 6,438 KB)





MERAKIT CESSNA 206 ELECTRIC



KONSTRUKSI SAYAP DAN EKOR

Sayap, badan dan ekor Kit Cessna 206E ini disediakan dalam kondisi setengah terakit sehingga lebih memudahkan bagi peminat pemula untuk menyiapkan pesawat ini hingga siap terbang. Di beberapa kesempatan dijumpai sayap kanan dan kiri masih terpisah untuk kemudahan pengiriman.Jika kondisinya demikian, sayap kanan dan kiri perlu disambung dengan central wing joiner yang dibuat secara khusus agar kokoh dan tidak mudah patah.

PENYAMBUNGAN SAYAP

Sayap Pesawat model Cessna Electric Trainer terdiri atas 2 bagian yaitu sayap kanan dan sayap kiri. Keduanya perlu disambung di bagian tengah dengan central joiner yang telah disediakan. Oleskan lem epoxi yang sudah dicampur 1:1 ke Central Joiner, Lubang Spar dan rib-rib sayap tengah yang saling berhadapan sehingga hasilnya diperoleh sayap yang kokoh, rapi khususnya pada bagian persambungan dan tidak twist.



PELAPISAN COVERING FILM

Sayap dan ekor model ARC (belum dilapisi covering film) yang terbuat dari kayu balsa perlu dilapisi dengan plastik film Indocote yang disediakan bersama kit ini. Pergunakan setrika listrik yang dapat diatur panasnya untuk merekatkan film Indocote ke kerangka kayu balsa. Potonglah lembaran indocote agar ukurannya sekitar 1-2 Cm lebih lebar dari kerangka yang akan dilapisi. Rekatkan ujung-ujung Indocote terlebih dahulu untuk memperoleh posisi yang tepat kemudian kuncilah seluruh tepian Indocote dengan sterika ke kerangka yang akan dilapisi. Bagian tengah selanjutnya diregangkan dengan menyapukan sterika dengan sapuan memutar sehingga permukaan Indocote menegang.



PEMASANGAN EKOR

Ekor pesawat Cessna Electric terdiri atas ekor horizontal yang dilengkapi dengan kemudi naik (elevator) dan ekor vertikal yang dilengkapi dengan kemudi belok (rudder).

Lepaskan elevator dari ekor horizontal dengan menarik bagian yang berengsel. Untuk model ARFdengan pisau cutter bukalah covering film yang melapisi ekor horizontal di bagian tengah yang nantinya akan direkatkan dengan lem ke dinding badan.

Pasangkan ekor horizontal (stabilo) pesawat yang sudah dicover dengan film ke lubang di bagian belakang badan, rekatkan dengan lem Epoxi. Pastikan bahwa ekor horizontal ini sejajar dengan bidang sayap atau dudukan sayap pada badan.

Lapiskan Epoxi yang sudah dicampur secara seksama dengan perbandingan 1:1 secara merata ke bagian yang terbuka di bagian tengah ekor horizontal dan ke lubang dudukan stabilizer di badan pesawat bagian belakang.

Ekor Vertikal (Fin) harus dilem dengan epoxi pada bagian belakang badan pesawat dan posisinya tegak lurus terhadap ekor horizontal.

Kemudi naik atau elevator dipasangkan pada ekor horizontal dengan merekatkan engsel ke celah yang dibuat pada ekor tersebut dengan epoxi. Pastikan bahwa batang torsi berbentuk huruf U tersambung dari elevator kiri ke elevator kanan sehingga kedua elevator dapat bergerak bersamaan dan tidak ada lem epoxi yang mengenai as engsel sehingga menyebabkan engsel terkunci dan tidak dapat berputar dengan lancar. Dalam kondisi engsel yang terpasang celah antara kemudi naik (elevator) dengan ekor horizontal janganlah melebihi 1 mm. Kemudi belok (rudder) direkatkan ke ekor vertikal (Fin) dengan cara yang sama.



PEMASANGAN RODA PENDARAT

Tangkai roda pendarat utama sebanyak tiga batang baja 2mm dipasangkan pada posisi yang diinginkan di sisi bawah badan. Dudukan roda pendarat dari kayu keras sudah disiapkan dan pergunakan obeng panjang serta 8 buah baut dan mur 3 mm untuk menguncinya dengan kuat tangkai roda sehingga tidak mudah bergerak atau terlepas.

Roda depan atau Nose Gear dipasangkan pada Firewall di badan bagian depan tepat di bawah dudukan motor.



ALIGNMENT

Seluruh komponen pesawat yaitu sayap, ekor horizontal dan ekor vertikal harus dipasang dengan tepat pada badan, demikian juga dengan engine dan propellernya. Proses pengukuran posisi sayap, ekor, engine dan roda pendarat pada badan disebut alignment.

Proses pemasangan sayap dan ekor yang baik akan membuat pesawat menjadi mudah diterbangkan dengan tingkat pengendalian yang predictable, khususnya jika bidang bidang simetri seperti sayap kiri dan kanan dan juga ekor kiri dan kanan terpasang dengan tepat.



Bersambung...


1552 people view it
 



 


  Tutorial Teranyar (lihat semua)


Setting dan Menerbangkan Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric
Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric. Untuk siswa yang belajar pesawat free flight namun di kontrol oleh Radio Kontrol ... (Lihat)
Date Created: 08-Apr-2014
3900 people view it
 


Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric
Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric. Untuk siswa yang belajar pesawat free flight namun di kontrol oleh Radio Kontrol ... (Lihat)
Date Created: 24-Mar-2014
6459 people view it
 


Bagaimana merakit dan menerbangkan Rubber Powered Glider Pelangi-45
Merakit dan menerbangkan Rubber Powered Glider Pelangi-45 ternyata asyik juga, wah anak kecil juga bisa ya ? ... (Lihat)
Date Created: 17-Mar-2014
14345 people view it
 

  Tutorial Unggulan (lihat semua)


Asyiknya Belajar Merakit Sendiri Pesawat Model
Pelajar juga bisa merakit Pesawat Pelangi 50 chuck glider dan Pelangi 70 rubber powered Glider ... (Lihat)
Date Created: 01-Jun-2013
9030 people view it
 


  Produk Baru (lihat semua)
Pelangi 50 Free Flight Hand Launched Glider
Price: Rp. 32,500 / Rp. 37,500 / Rp. 40,000
View: 1,000

Plan Cessna 172-20 Skyhawk
Price: Rp. 50,000
View: 433

Plan Panthera 46 Sport Aerobatic
Price: Rp. 50,000
View: 881


  Produk Unggulan (lihat semua)
Cessna 400 Electric Trainer
Price: Rp. 495,000 / Rp. 625,000 / Rp. 725,000
View: 1,000

Pelangi 50 Free Flight Hand Launched Glider (Pack of Six)
Price: Rp. 162,500 / Rp. 187,500 / Rp. 200,000
View: 1,000

TS40 Electric Trainer
Price: Rp. 925,000 / Rp. 1,050,000 / Rp. 1,150,000
View: 1,000

 Tetang Kami   Tanya Jawab   Kontak Kami 
 Pembayaran 
Copyright @ 2013, 2014 Bandung-Aeromodeling.com. Allrights reserved.