Silahkan Login atau Signup
Email:
Password:
  Home     e-Store     Etalase     Keranjang     Pembayaran     Cara Pemesanan     Tutorial     Recruitment     Kontak  
           Etalase
           Tutorial
           Bantuan & Dukungan
WhatApps, Line, WeChat
(+62)-816-1324-727
           Kontak

          Didukung Oleh:









Sunday, 17-Dec-2017


 Bandung-Aeromodeling >> Tutorial >> Glow Engine >> Buat Cessna 182, bagusnya enginenya pake apa ya?
 

41    

    Buat Cessna 182, bagusnya enginenya pake apa ya?




(Click to Enlarge Thumbnail)

Date Created: 18-Nov-2013
Created By: Budi Atmoko
Category: Glow Engine

Buat Cessna 182, bagusnya enginenya pake apa ya?


Merakit dan Menerbangkan Pesawat Model Cessna 182 Skylane 46 Trainer 2/4

Download Tutorial Lengkap (PDF 2,231 KB)





ENGINE CESSNA 182 SKYLANE 46



ENGINE, PROPELLER & ACCESSORIES

Pesawat Cessna 182 Skylane 46 akan terbang dengan menggunakan engine 2 langkah yang berkapasitas 0.46-0.61 kubik inch, atau engine 4 langkah dengan kapasitas 0.70-0.91 kubik inch. Angka 0.46-0.61 mereferensikan jumlah kapasitas yang digerakan oleh piston melalui bagian dalam dari silinder engine-nya. Kapasitas ini disebut sebagai perpindahan atau displacement, dan perpindahan yang lebih besar menyatakan daya yang lebih besar.

Jika anda tinggal dalam suatu iklim yang panas dan penerbangan anda ? 3000 kaki atau lebih, diatas permukaan laut, anda disarankan untuk menggunakan engine yang lebih besar.

Pemilihan engine ini harus disesuaikan dengan kebiasaan dan tentunya masalah yang nantinya akan anda hadapi, sebaiknya anda memilih engine yang sudah anda kenal atau sudah pernah mengoperasikannya.

Propeller dapat dipilih sesuai dengan ukuran enginenya, sebagai contoh engine yang berkapasitas 0.46 dapat menggunakan propeller dengan diameter 10 inch, sementara engine dengan kapasitas 0.61 dapat menggunakan propeller dengan diameter 11 inch.

Anda dapat mereferensikan atau mengacu pada tabel penggunaan propeller yang direkomendasikan. Sementara anda belajar menerbangkan, seseorang dapat mengganti propeller dengan berbagai ukuran.

Pendaratan yang kasar dapat secara mudah mematahkan propeller. Memiliki propeller cadangan merupakan suatu hal yang baik. Membalance ujung-ujung propeller akan menolong anda terhadap gangguan akibat getaran yang sering terjadi pada pesawat model. Sistem radio seringkali terkena gangguan akan menyebabkan hasil yang tidak diinginkan.

Spinner ukuran 2 1/4 inch sangat direkomendasikan untuk dipergunakan. Spinner seperti ini dapat anda jumpai di model shop. Penggunaan spinner sangat direkomendasikan oleh AMA untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan jika anda secara tiba-tiba tertabrak oleh model dengan propeller yang sedang berputar.

Pergunakanlah daftar atau tabel propeller dan tangki bahan bakar yang sesuai dengan engine yang dipergunakan. Banyak ukuran dan merek yang tersedia dan sebaiknya anda memasang tangki bahan bakar sesuai dengan instruksi pembuatnya.

Seperti halnya peralatan presisi lain, engine yang baru harus dibreakin terlebih dahulu, biasanya hal ini dilaksanakan dengan pencampuran bahan bakar yang berlebihan atau rich dan pada rpm yang rendah sampai keseluruhan komponen yang bergerak dapat menyesuaikan satu dengan yang lain.

Break in dapat dilaksanakan dengan cara pemasangan engine secara kuat dengan penguncian pada Test Bed yang terbuat dari logam atau pada kayu. Anda dapat mengacu pada manual pengoprasian engine tersebut yang sangat direkomendasikan untuk prosedur break in dan mengikutinya dengan teliti.





PEMASANGAN ENGINE DAN PERLENGKAPAN BADAN PESAWAT

Langkah-langkah pemasangan engine :

1. Pasangkan propeller dan spinner pada engine.

2. Rekatkan dudukan engine dengan selotip. Perlu diketahui bahwa lubang pada dudukan engine mempunyai sudut tertentu yang memang ditujukan untuk memberikan thrust sedikit kearah kanan. Kita menyebutnya right thrust.

3. Pasangkan engine pada celah yang telah disediakan. Harus ada sedikitnya celah sekitar 3 mm antara sisi badan bagian depan dan sisi belakang spinner.

4. Perimbangkan engine dari pandangan atas dan sudut yang terlihat harus tetap dipertahankan yakni right thrust atau thrust ke arah kanan sekitar 3 derajat. Meskipun sedikit hal ini sangat penting.

5. Perhatikan model anda dari atas dan secara cermat hitunglah jarak antara sisi belakang dengan setiap ujung propeller.

6. Tandai secara langsung lubang yang bersesuaian dengan dudukan engine seperti tampak pada gambar.

7. Lepaskan engine dan dudukan engine dari badan kemudian bor dengan lubang 3 mm ke titik yang tersedia.

8. Pasang secara permanen 4 buah mur kunci di bagian sisi bawah engine seperti pada gambar di samping.

9. Pergunakan baud pengunci jika diperlukan dengan ringnya. Setelah pemasangan dan posisi engine dinilai cukup sesuai lepaskan baud kembali.



SISTEM BAHAN BAKAR

1. Pasanglah tangki model sesuai dengan instruksi pabriknya.

2. Dengan memperhatikan gambar rencana, pasangkan tangki dan saluran bahan bakar.

3. Berikan lapisan karet busa di sisi bawah tangki sambungan saluran bahan bakar yang terhubung dengan pemberat disisi dalam karburator di sisi engine. Saluran ini juga akan dipergunakan untuk mengisi bahan bakar, secara sederhana anda dapat melepaskan selang ini dari engine.



SALURAN TEKANAN OPTIONAL

Jika muffler engine anda mempunyai saluran tetap, maka anda dapat mempergunakan saluran tekanan agar engine dapat berjalan lebih halus dan handal dengan kondisi seperti ini maka saluran untuk ventilasi dihubungkan ke ujung yang terdapat pada muffler.



PERSIAPAN DAN INSTALASI ENGINE

Janganlah anda mencoba untuk menerbangkan model sampai engine dapat berjalan dengan handal. Engine harus dapat berjalan idle atau stasioner tanpa berhenti berakselarasi hingga berkecepatan penuh dengan mulus.

WARNING

Propeller yang berputar dapat menyebabkan kecelakaan yang serius seperti sayatan yang dalam. Janganlah mendekati propeller yang berputar. Hindari penggunaan baju yang banyak menjulur seperti dasi atau lainnya yang dapat masuk ke putaran propeller, begitu pula anak kecil sebaiknya tidak berada dekat engine yang berputar.

Tak seorangpun termasuk penonton boleh berdiri di garis lurus di bidang putar propeller. Pecahan bilah propeller jika terjadi akan menjadi seperti peluru dan dapat menyebabkan kecelakaan serius pada seseorang.

Ada 4 pengaturan dasar yang dapat membuat engine berjalan baik. Bandingkan karburator engine anda dengan sketsa pada bagian gambar dibawah ini dan perhatikan 4 komponen tersebut.

1. Lubang Throttle terbuka. Silinder yang berputar pada bagian dalam disebut throttle. Komponen ini mempunyai lubang pada bagian tengah untuk lewatnya udara. Dengan memutar silinder, throttle dapat terbuka penuh dan tertutup sepenuhnya. Inilah yang mengendalikan kecepatan engine.

2. Skrup pengatur kecepatan rendah, skrup ini akan mempermudah anda untuk mengatur dimana posisi dari karburator barrel tertutup untuk posisi idle.

3. Pencampuran kecepatan tinggi juga disebut katup jarum atau needle valve yang akan mengatur bahan bakar udara pada kecepatan tinggi.

4. Pencampuran kecepatan rendah yakni untuk mengatur campuran bahan bakar udara pada kecepatan stasioner.



Langkah-langkah dasar pengaturan engine :

1. Pengaturan throttle (engine tidak dijalankan)

Mulailah dengan throttle pada transmitter dengan posisi terbuka penuh dan trim keatas penuh, kemudian gerakat tongkat throttle sepenuhnya ke bawah dan setidak-tidaknya 3 mm celah throttle harus terlihat. Gerakan trim keseluruhannya ke bawah sehingga karburator tertutup penuh. Jika pengukuran diperlukan untuk suatu range pergerakan throttle, maka tentukan kombinasi terbaik dari posisi lobang dengan roda atau lengan servo.

2. Pengaturan idle atau cut off

Direkomendasikan agar anda mengatur skrup mengaturan idle untuk mencegah agar throtle tidak tertutup penuh. Namun bagaimanapun anda harus tetap dapat mematikan engine dengan suatu perintah ketika trim throttle digerakan ke bawah. Oleh karenanya maka skrup pengaturan throttle tetap harus dipasang tepat pada saat lubang throttle tertutup penuh.

3. Pengaturan campuran kecepatan tinggi

Temperatur kelembaban campuran bahan bakar dan sebagainya merupakan variable yang dapat mempengaruhi pencampuran. Anda seharusnya memulai dengan mengatur pertama kali adalah needle valve kecepatan tinggi terlebih dahulu. Pertama-tama pergunakan tiga putaran kemudian kembali ke idle selanjutnya secara bertahap pindah ke belakang dan ke empat sampai pengaturan secara umum terlihat baik. Jika engine sudah teresap dengan baik, anda tidak perlu menyentuh karburator lagi kecuali hanya satu atau dua klik untuk pengaturan needle valve di kecepatan tinggi dengan sentuhan yang sedikit.



MENYALAKAN ENGINE PERTAMA KALI

Untuk menyalakan engine pertama kali:
- Bukalah throtle 1/8 hingga 1/4.
- Berikan bahan bakar empat sampai enam tetes ke karburator
- Hubungkan glow plug ke baterai 1.5V atau ke Glow Start
- Putarlah propeller berlawanan arah jarum jam atau pergunakan starter elektrik untuk memutarkan propeller.



KETIKA ENGINE MENYALA

o Jika engine berputar cepat dan kemudian mati maka kemungkinan bahan bakar terlalu kurus atau terlalu poor. Putarlah needle valve terbuka setengah putaran lebih membuka untuk menambahkan bahan bakar.

o Jika anda melihat banyak tumpahan bahan bakar di sisi buangan dan engine mati, maka kemungkinan bahan bakar terlalu banyak atau terlalu rich. Putarlah needle valve setengah putaran lebih menutup untuk mengurangi bahan bakar.

Lanjutkan pengaturan engine, sampai engine berjalan baik.



PENGATURAN CAMPURAN KECEPATAN RENDAH

Sekarang kurangi throttle engine sampai kecepatan stasioner. Jika sampai ke idle tunggu sampai 10 detik dan kemudian geserlah throttle hingga kecepatan penuh.

o Jika engine mengalami percepatan secara cepat dan kemudian mati, hal ini menandakan campurannya terlalu kurus.

o Jika engine bergetar dan kemudian mati, hal ini menandakan bahwa engine terlalu rich atau terlalu banyak bahan bakar.

Pengaturan idle akhir, anda seharusnya berada diantara sisi kurus dan sedang untuk memberikan transisi yang terbaik. Jika anda sudah melakukan pengesetan, maka anda tidak perlu merubahnya lagi kemudian.

Jika engine tidak dapat berjalan stasioner maka bukalah throttle hingga sepertiganya dan cobalah tentukan apakah engine terlalu kurus artinya mudah mati atau terlalu kaya atau bergetar dan lakukan pengaturan skrup kecepatan rendah, kemudian set pada kecepatan yang rendah dan lakukan pengaturan kembali, jika dilakukan pengaturan yang baik pada engine dua langkah, seharusnya dapat menghasilkan putaran sekitar 2500 rpm. Beberapa engine bahkan dapat mencapai 2000 rpm.

Secara umum janganlah menerbangkan pesawat anda sampai engine terset dengan baik. Engine harus di running in atau break in terlebih dahulu dan yakinkan bahwa keseluruhan putaran rendah dan daya pada kecepatan tinggi akan dapat diandalkan. Putaran stasioner yang jelek seringkali dikaitkan adanya kotoran atau bahan bakar sudah kadaluwarsa karena banyak mengandung air atau glow plug (busi) yang jelek.

Bersambung ...


1514 people view it
 



 


  Tutorial Teranyar (lihat semua)


Setting dan Menerbangkan Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric
Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric. Untuk siswa yang belajar pesawat free flight namun di kontrol oleh Radio Kontrol ... (Lihat)
Date Created: 08-Apr-2014
3903 people view it
 


Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric
Merakit dan membuat Free Flight Glider R/C OPTIMAE 2500 Electric. Untuk siswa yang belajar pesawat free flight namun di kontrol oleh Radio Kontrol ... (Lihat)
Date Created: 24-Mar-2014
6466 people view it
 


Bagaimana merakit dan menerbangkan Rubber Powered Glider Pelangi-45
Merakit dan menerbangkan Rubber Powered Glider Pelangi-45 ternyata asyik juga, wah anak kecil juga bisa ya ? ... (Lihat)
Date Created: 17-Mar-2014
14349 people view it
 

  Tutorial Unggulan (lihat semua)


Asyiknya Belajar Merakit Sendiri Pesawat Model
Pelajar juga bisa merakit Pesawat Pelangi 50 chuck glider dan Pelangi 70 rubber powered Glider ... (Lihat)
Date Created: 01-Jun-2013
9031 people view it
 


  Produk Baru (lihat semua)
Plan P51D Fun Scale Mustang Eng 40
Price: Rp. 50,000
View: 447

Plan Falcon Senior 60
Price: Rp. 50,000
View: 921

Pelangi 45 Free Flight Rubber Powered Glider
Price: Rp. 65,000 / Rp. 70,000 / Rp. 75,000
View: 1,000


  Produk Unggulan (lihat semua)
Pelangi 50 Free Flight Hand Launched Glider (Pack of Six)
Price: Rp. 162,500 / Rp. 187,500 / Rp. 200,000
View: 1,000

Cessna 400 Electric Trainer
Price: Rp. 495,000 / Rp. 625,000 / Rp. 725,000
View: 1,000

TS40 Electric Trainer
Price: Rp. 925,000 / Rp. 1,050,000 / Rp. 1,150,000
View: 1,000

 Tetang Kami   Tanya Jawab   Kontak Kami 
 Pembayaran 
Copyright @ 2013, 2014 Bandung-Aeromodeling.com. Allrights reserved.